6 Tips Jitu Memilih Aplikasi Antivirus yang Aman dan terpercaya

1

Tips Jitu Memilih Aplikasi Antivirus yang Aman dan terpercaya – Smartphone android adalah ponsel pilihan yang digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh smartphone android tersebut, sehingga aktifitas kita bisa terbantu dengan kehadirannya.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti smartphone android tidak memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu bahaya serangan virus yang bisa masuk kapan saja. Jika dibiarkan, maka virus tersebut bisa mengancam keamanan dan sistem kerja smartphone android. Bahkan dalam kondisi yang parah virus mampu melumpuhkan seluruh performa software smartphone.

Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita untuk mengatasinya dengan aplikasi antivirus, salah satu caranya yaitu menggunakan antivirus. Di Playstore ada banyak sekali pihak yang terus membuat aplikasi anti virus, yang katanya sangat ampuh dalam menangani virus-virus yang menyerang smartphone android.

Tips Jitu Memilih Aplikasi Antivirus yang Aman dan terpercaya

Namun perlu anda ingat, jika memilih antivirus Android tidaklah mudah, ada beberapa antivirus yang justru di dalamnya telah ditanamkan virus yang membahayakan smartphone. Bagi anda yang ingin melindungi smartphone Android anda dari serangan virus, berikut tips memilih aplikasi antivirus Android yang wajib diketahui.

1. Melihat Kredibilitas Pembuat Aplikasi

Ketika ingin mengunduh antivirus, sebagian besar orang hanya melihat popularitas antivirus di Play Store saja, hal ini tentunya sebuah kesalahan besar. Alangkah baiknya jika anda memperhatikan rekam jejak perusahaan atau kredibilitas dari pembuat aplikasi antivirus tersebut.

Pastikan aplikasi antivirus tersebut diciptakan oleh perusahaan besar yang sudah terpercaya, bukan dari individu. Bagi Anda yang ingin memilih antivirus android, salah satu rekomendasinya adalah antivirus avast Android, ini adalah salah satu jenis antivirus terbaik yang bisa anda gunakan.

Anda tidak perlu khawatir, antivirus avast bisa diunduh dan digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya atau gratis. Meskipun hanya sebatas aplikasi antivirus gratis android, namun fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap sehingga bisa memberikan hasil yang memuaskan.

2. Selalu Download Antivirus di Tempat yang Terpercaya

Saat ini anda bisa bebas memilih aplikasi antivirus android di beberapa tempat, mulai dari blog, website ataupun Google Play Store. Namun sangat direkomendasikan supaya anda mendownload antivirus tersebut melalui Google Play Store, ini karena beberapa aplikasi antivirus di Play Store sudah ada di filter dengan sangat ketat.

Berbeda halnya jika Anda harus mendownload melalui beberapa situs web yang bisa saja disisipkan virus berbahaya di dalamnya. Ini juga sangat penting untuk dilakukan pengguna smartphone yang masih terbilang baru dengan penggunaan antivirus.

3. Pilih antivirus berfitur lengkap

Entah menggunakan antivirus gratis atau berbayar, sebaiknya perhatikan fitur yang dibekalkan di dalamnya. Semakin lengkap fiturnya, maka akan semakin menguntungkan anda. Pastikan juga ketika anda memilih antivirus Android, tersedia update reguler. Dengan demikian, aplikasi antivirus tersebut semakin bagus baik dari fitur ataupun tampilannya sehingga pengguna merasa lebih nyaman saat  menggunakannya.

Beberapa antivirus yang memiliki banyak fitur dan selalu ada update ringan seperti AVG, Avira, Avast dan lain-lain. Silahkan cari aplikasi antivirus mana yang menurut anda memiliki fitur paling lengkap. Jika antivirus gratis dirasa kurang, maka anda bisa membeli aplikasi antivirus yang berbayar.


BACA JUGA : 3 Trik Komputer yang Unik dan Lucu Untuk Menjahili teman


4. Mencoba Fitur-Fitur Aplikasi Antivirus

Mungkin Anda sudah mencoba memilih antivirus Android dengan baik. Soal hasilnya, Anda bisa melihatnya secara langsung dengan cara menginstall antivirus yang telah anda pilih. Jika setelah menginstall antivirus tersebut smartphone anda bekerja menjadi lebih lambat atau muncul gejala lain, maka anda bisa menghapus antivirus dan menggantinya dengan antivirus lain.

5. Pilih antivirus yang memiliki ukuran ringan

Bagi smartphone yang dibekali spesifikasi gahar, mungkin antivirus berukuran besar bukan menjadi masalah. Namun bagaimana jadinya apabila smartphone dengan spesifikasi pas-pasan di install aplikasi antivirus berukuran besar?, tentu tidak cocok. Kalaupun bisa, pasti membuat performa smartphone melemah.

Untuk itu, jika anda ingin memilih antivirus android, maka anda harus memilih ukuran yang rendah atau standar. Dengan demikian antivirus yang digunakan benar-benar memiliki manfaat maksimal.

6. Mencari Tahu Kepada Orang yang Lebih Berpengalaman

Tips mencari antivirus android yang aman kali ini saya rasa adalah yang terbaik. Silahkan anda tanya kepada teman yang sudah pernah menggunakan antivirus kemudian tanyakan apa saja kelebihan dan kelemahannya. Tanyakan kepada mereka, aplikasi mana yang sekiranya bisa diandalkan.

Anda bisa mendapatkan opsi -3 lalu membandingkannya dan memilih yang terbaik. Dengan cara ini Anda pasti bisa mendapatkan antivirus yang tepat tanpa perlu dicoba.

Itulah tips memilih antivirus Android yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan menggunakan aplikasi antivirus, kemungkinan besar smartphone Anda bisa terlindungi dari virus yang bisa membahayakan keamanan smartphone. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa memilih jenis antivirus berbayar. Umumnya tipe berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dan berkualitas dibanding tipe antivirus gratis. Tapi tentu saja memilih antivirus Android berbayar atau gratis bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu. Semoga bermanfaaat.

1

One Reply to “6 Tips Jitu Memilih Aplikasi Antivirus yang Aman dan terpercaya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *